Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara membuat privacy policy dan disclaimer blog sebagai syarat daftar google adsense

cara membuat privacy policy dan disclaimer blog - kedua kebijakan yang harus kalian sematkan dalam blog yang sangat penting yakni privacy policy dan disclaimer.bagi kalian mungkin tahu,banyak orang ditolak mentah-mentah karena beberapa faktor.asal kalian ketahui,faktor utamanya selain konten ditolak pihak google,mereka lupa akan memasang 2 kebijakan ini.jadi sebelum melakukan lamaran/pengajuan daftar adsense,lebih baik pasang terlebih dahulu.

salah satu diantara beberapa syarat daftar googel adsense yaitu melakukan pemasangan kebijakan ini,dengan begitu pihak google lebih yakin saat melakukan peninjauan untuk menyetujui situs tersebut.

Apa itu privacy policy dan disclaimer ?

Privacy Policy adalah kebijakan dokumen hukum yang mengungkapkan beberapa informasi tentang pengelolaan situs,yang dibuat untuk para pengunjung mengetahui ketentuan serta kebijakan yang telah dibuat oleh pemilik situs tersebut.

sedangkan Disclaimer berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tesebut semata-mata hanya untuk informasi dan pemilik tidak bertanggung jawab atas keaukuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut.

biasanya kalian pernah melihatnya di blog lain dan kebanyakan halaman tersebut berbahasa inggris,walaupun blog itu berbahasa indonesia.kalian sebenarnya bisa membuatnya sendiri.

namun kita dapat membuatnya lebih mudah dan otomatis,dengan menggunakan situs yang diperuntukkan membuat kebijakan tersebut,namun dengan isi bahasa inggris,dan kalian mungkin tahu banyak blogger pun sudah pasti menggunakan tools tersebut termasuk saya sendiri.

langsung saja pada poinnya,berikut ini cara membuat privacy policy dan disclaimer dan cara memasangnya pada blog.

bagaimana cara membuat privacy policy dan disclaimer blog ?


cara membuat privacy policy untuk blog 

  • kali ini saya akan menjelaskan lebih dulu cara membuat privacy policynya.kalian bisa gunakan situs privacypolicyonline.com ini,klik saja untuk langsung membuatnya.
  • buka situs tersebut,setelahnya kita langsung berada pada halaman form pendaftarannya.isi dengan benar,seperti contoh berikut :
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog
Form Pendaftaran Privacy Policy
  • kalian bisa melihat halaman privacy policy untuk blog kalian dengan memilih "generate policy".pilih "generate HTML" dan kita ditujukan pada script nya untuk kita copy dan memasangnya pada blog nanti.
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog


cara membuat disclaimer untuk blog

  • kita masih menggunakan situs yang sama,cara membuatnya tidak jauh berbeda dari sebelumnya.kalian tinggal pilih "disclaimer generator" pada bagian menu navigasi.
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog

  • isi formulir pendaftaran dengan benar,lalu pilih "generate disclaimer".
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog
Form Pendaftaran Disclaimer
  • copy scriptnya.jika kalian ingin melihat hasilnya pilih "preview your disclaimer".
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog



cara memasang halaman privacy policy dan disclaimer pada blog

selanjutnya kita akan memasangnya untuk ditampilkan di blog sehingga orang tahu akan kebijakan dari blog ini yang telah kalian buat.


  • buka dashboard blogger > pilih halaman > halaman baru.isi judul halamannya.pilih HTML (bukan compose),paste scriptnya yang telah kalian copy tadi > publikasikan.
cara membuat privacy policy dan disclaimer blog


  • Setelah itu kalian dapat memasang pada navigasi blog kalian. 


itulah cara membuat privacy policy dan disclaimer pada blog.dengan memasangnya google akan lebih yakin menyetujui situs kalian sebagain penayang iklannya.